|

Manfaat Madu Hitam

“Ini Rahasianya Kenapa Manfaat Madu Hitam Lebih Unggul!”

Mungkin tak ada yang dapat mengelak kalau madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, bukan hanya bagi tubuh, melainkan juga untuk kecantikan seseorang. Hal ini terbukti dengan banyaknya obat-obatan dan produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya. Bahkan tak sedikit pula makanan dan minuman yang menambahkan madu ke dalamnya. Jadi bukan lagi rahasia umum bila madu memiliki beragam khasiat, bukan?

Nah, warna madu sendiri memang bervariasi, dari terang hingga lebih gelap atau hitam. Ternyata semakin madu berwarna gelap, manfaat yang dihasilkan semakin efektif. Misalnya sebagai antibakteri dan lebih kaya antioksidan. Dilansir dari alodokter.com, ada sejumlah nutrisi yang terkandung dalam madu, seperti vitamin, mineral, asam amino, gula, hingga antioksidan dari fenol dan flavonoid.

Sementara, untuk madu hitam lebih baik daripada madu berwarna kuning atau warna biasa karena memiliki kandungan fenol yang lebih tinggi. Pasalnya semakin tinggi kandungan fenol, maka kapasitas antioksidan flavonoid di dalam madu ini menjadi lebih tinggi. Efek yang terjadi pada tubuh ketika mengonsumsi madu hitam tentu lebih besar dibandingkan dengan madu biasa. Lalu apa sajakah manfaat yang dihasilkan dari madu hitam? Buletin Indo telah merangkumnya dari sejumlah sumber berikut ini.

  • Membantu dalam mengobati penyakit maag

Buat Anda yang memiliki penyakit maag, cobalah untuk mengonsumsi madu hitam. Pasalnya, madu hitam diketahui dapat membantu mengatasi gejala maag yang dirasa cukup mengganggu, seperti perut yang begitu terasa nyeri bahkan hingga mual dan akhirnya dapat pula muntah-muntah. Salah satu penyebabnya adalah tukak lambung. Madu hitam pun memiliki sifat dasar sebagai antibiotik sehingga dapat membantu mengurangi gejala tukak lambung akibat infeksi Helicobacter pylori.

  • Meredakan batuk

Sebuah jurnal Child Pediatric Health yang memuat suatu penelitian terhadap anak yang menderita bronkitis ditemukan bahwa sifat dasar madu secara umum dapat mengurangi gejala batuk. Hal tersebut dirasa sebagai pengobatan yang paling sederhana dan dianggap efektif. Pasalnya, dalam penelitian tersebut, para penderita tidak melakukan pengobatan apapun untuk meredakan batuk mereka. Selanjutnya, mereka langsung mengonsumi madu hitam. Namun jangan salah kaprah, Anda tetap harus mengonsumsi obat batuk lainnya agar kondisi lebih baik.

  • Cocok bagi penderita diabetes

Bukan hanya membantu dalam mengobati penyakit maag hingga batuk, ternyata madu hitam diklaim sebagai pengobatan diabetes. Madu hitam sendiri memiliki alkaloid yang kemungkinan besar memiliki manfaat terhadap pengobatan diabetes. Namun, perlu diketahui bahwa belum ada penelitian langsung yang dilakukan manusia mengenai apakah benar-benar aman untuk digunakan. Nah, Anda pun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  • Menyehatkan kulit

Seperti yang telah disebutkan di awal, madu hitam juga memiliki banyak manfaat dalam menjaga kulit. Dengan mengonsumsinya, maka sel-sel kulit mati pada wajah dapat terangkat karena sifat eksofiliasinya. Lalu mengenai penggunaan begitu mudah, yakni cukup mengoleskan madu hitam pada wajah Anda maksimal dua kali dalam seminggu. Nah, Anda juga dapat mengoles minyak zaitun untuk menjaga kelembapan.

  • Membantu proses penyembuhan

Siapa sangka terjadi madu hitam dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan ragam penyakit maupun luka yang dianggap berat sekalipun. Mengapa demikian? Karena memang kandungan vitamin-C yang begitu tinggi ada pada madu hitam. Anda pun cukup minum tiga sendok setiap harinya secara rutin. Sementara itu, sejumlah penyakit tersebut di antaranya adalah gangguan pernapasan, alergi, radang tenggorokan.

  • Menghilangkan insomnia

Buat Anda yang sering mengalami kesulitan tidur atau insomnia, maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi madu hitam. Pasalnya, madu hitam dapat menyebabkan kualitas tidur meningkat dan membaik. Ada baiknya Anda mengonsumsinya secara rutin setiap hari, terutama sebelum tidur.

  • Membantu fungsi hati

Ternyata madu hitam dipercaya menguatkan fungsi hati sehingga dapat bekerja dengan lebih maksimal.

  • Menguatkan ginjal

Sama seperti dengan hati, ginjal akan mendapatkan keuntungan dan kekuatan baru bila Anda mengonsumsi madu hitam secara rutin. Namun, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih ya.

  • Mencegah gangguan jantung

Antioksidan yang tinggi pada madu hitam dapat menjaga sel tubuh manusia dari kerusakan sehingga suplai oksigen ke otak tidak terhambat. Selanjutnya gangguan jantung pun juga dapat dielakkan.

Nah, memang mengonsumsi madu apapun, termasuk madu hitam memiliki segudang manfaat. Namun, bila Anda masih ragu akan jenis madu yang sesuai dengan kondisi Anda, maka ada baiknya untuk segera mengonsultasikan dengan dokter.

Lokasi Gofruit.id

Pasar Puri Indah


Jl. Puri Indah Raya No. 17
Kembangan - Jakarta Barat
0811-1670-700

Taman Permata Buana


Jl. Pulau Bira III Blok D1 No.3
Taman Permata Buana
Jakarta Barat
0818-0693-8900

Jelambar


Jl. Anyar Utara No. 17
Depan Sekolah Immanuel
Jelambar - Jakarta Barat
0811-1670-700

Pasar Modern BSD


Jl. Letnan Sutopo
Rw. Mekar Jaya Kec. Serpong
Kota Tangerang Selatan - Banten 15111
0811-1670-700