|

4 Makanan Penyebab Bau Badan

Bau badan tentu membuat setiap orang merasa tidak nyaman. Selain itu, rasa tidak percaya diri akan timbul ketika berinteraksi dengan orang lain. Alhasil, masalah bau badan pun dapat membuat aktivitas merasa terganggu.

Umumnya, tubuh pria lebih mudah berkeringat hingga timbul bau badan bila dibandingkan dengan wanita. Salah satu alasan penyebab mudah munculnya bau badan pada pria adalah tingkat testosteron yang lebih tinggi. Hal itulah yang dapat memengaruhi produksi kalenjar keringat apokrin, yaitu kalenjar keringat yang dapat ditemukan pada sejumlah daerah lokasi tumbuhnya rambut, misalnya ketiak, kulit kepala, dan selangkangan.

Meski demikian, bau badan nyatanya dapat pula dipengaruhi oleh kebersihan tubuh dan gaya hidup masing-masing. Maka dari itu, perlu diingat bahwa pada dasarnya keringat tidaklah berbau. Bau pada badan akan muncul bila terdapat bakteri yang hidup dan memecah protein tertentu dalam keringat menjadi asam. Penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan tubuh tersebut.

Selain itu, penyebab bau badan bisa jadi berasal dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, lho! Memang makanan-makanan tersebut tampak begitu lezat, tapi ada baiknya untuk dihindari demi mencegah munculnya bau badan.

Berikut sejumlah makanan penyebab bau badan yang telah Buletin Indo rangkum dari berbagai sumber.

  1. Bawang-bawangan

Perlu diketahui bahwa bawang putih dan bawang merah memiliki kandungan yang  kaya akan senyawa belerang sehingga memberinya bau tajam. Apabila diserap ke dalam aliran darah, maka senyawa tersebut kembali keluar lewat paru-paru hingga akhirnya membuat napas menjadi bau.

Selain itu, bau dari bawang-bawangan juga dapat keluar lewat keringat sehingga jadi salah satu makanan penyebab bau badan. Bumbu dapur ini dapat menyebabkan bau badan karena memiliki zat allicin. Zat ini memang memiliki manfaat bagi kesehatan manusia, tetapi sayangnya dampaknya adalah dapat memengaruhi aroma keringat. Namun, jangan serta-merta Anda menyingkirkan bawang-bawangan dari menu harian ya karena manfaat yang dihasilkan tidak kalah banyak dan berguna!

  1. Daging merah

Makanan penyebab bau badan kedua adalah daging merah. Satu porsi daging merah sulit untuk dicerna. Hal itu pun dapat menyisakan residu di dalamnya. Ketika residu dilepaskan bersamaan dengan keringat dan bercampur dengan bakteri di kulit, maka akan menajamkan bau badan. Memang terlihat enak dan menggiurkan, tetapi Anda pun perlu mengontrol jumlah daging merah yang dikonsumsi sehingga masalah bau badan tidak terus melekat.

Bahkan, sebuah penelitin yang dipublikasikan dalam Jurnal Chemical Sense menyebutkan bahwa pria yang mengonsumsi banyak daging merah secara berkala dalam waktu dua minggu, maka memiliki bau badan yang tidak sedap. Meski demikian, memang tidak disebutkan berapa banyak jumlah daging merah yang dapat menjadi penyebab bau badan. Namun, Anda sendirilah yang bisa menakarnya ya.

  1. Alkohol

Alkohol dapat mengubah bau badan dan aroma keringat menjadi tidaklah sedap. Saat seseorang mengonsumsi alkohol, minuman ini akan terserap oleh tubuh dan dicerna menjadi asam asetat atau asam cuka lalu dilepaskan melalui pori-pori kulit. Maka dari itu, ketika Anda mengonsumsi alkohol, bau tersebut masih akan tersisa meski sudah mandi. Semakin banyak Anda minum alkohol, semakin banyak pula asam cuka yang diproduksi tubuh. Hal itu yang membuat tubuh akan kian menyengat.

Penelitian bahkan menyatakan bahwa pemabuk berat memiliki bau badan yang lebih tidak sedap. Bukan hanya itu, alkohol pun dapat menghambat fungsi tubuh dalam memproduksi keringat yang sehat. Sebagai pencegahan bau badan, pilihan terbaik adalah mengurangi atau tidak minum alkohol. Opsi lain, Anda juga dapat menjaga tubuh terhidrasi dengan banyak minum air putih. 

  1. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous merupakan sayuran yang tergolong dalam keluarga Brassicaceae, misalnya brokoli, kembang kol, hingga kale. Meski kaya akan potassium dan antioksidan, sayuran-sayuran ini juga mengandung belerang. Belerang tersebut akan terurai menjadi hidrogen sulfida berbau busuk sehingga memiliki bau menyengat secara alami. Oleh karenanya, berbagai bahan yang mengandung belerang atau sulfur menjadi salah satu makanan penyebab bau badan.

Bagi Anda yang mengonsumsi sayuran dengan kandungan belerang ini, maka bau badan akan semakin menajam saat berkeringat, bernapas, dan buang gas. Hal tersebut dikarenakan zat sulfur pada makanan penyebab bau badan diserap oleh tubuh hingga menyebabkan jumlah keringat bertambah dan memengaruhi bau keringat dan napas yang timbul. Namun, bukan berarti Anda dilarang untuk mengonsumsinya sebab sayuran ini baik untuk Anda!

Tidak perlu merasa minder berlarut-larut jika Anda mengalami hal ini, cobalah saja dulu untuk sedikit menghindari makanan di atas apabila memang benar adanya asupan makanan di atas sering Anda konsumsi akhir-akhir ini. Untuk sementara, apabila Anda bukan orang yang dekat dengan Deodorant atau Parfum, pakailah dulu produk tersebut untuk tetap menjaga aroma tubuh Anda tetap segar.

Lokasi Gofruit.id

Pasar Puri Indah


Jl. Puri Indah Raya No. 17
Kembangan - Jakarta Barat
0858-8188-0001

Taman Permata Buana


Jl. Pulau Bira III Blok D1 No.3
Taman Permata Buana
Jakarta Barat
0858-8188-0001

Jelambar


Jl. Anyar Utara No. 17
Depan Sekolah Immanuel
Jelambar - Jakarta Barat
0858-8188-0001

 

Pasar Modern BSD


Jl. Letnan Sutopo
Rw. Mekar Jaya Kec. Serpong
Kota Tangerang Selatan - Banten 15111
0858-8188-0001

 

HUB Gofruit.id


Jl. Meruya Utara no.3
Rt.018 Rw004
Meruya Utara kembangan- Jakarta Barat 11620
0858-8188-0001

 

Kirim Pesan
Terimakasih, tersedia promo durian musangking free durian mochi info lanjut chat admin.