|

Panduan Diet Vegan

Tahukah Anda kalau ternyata diet vegan punya berbagai macam manfaat! Biasanya, kebanyakan orang memilih untuk melakukan diet vegan dengan alasan etika, yakni menghormati hak hewan dan lingkungan. Namun, tak sedikit juga yang menjadikan alasan kesehatan untuk melakukan diet vegan. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya pastikan kalau diet vegan dan diet vegetarian merupakan dua hal yang berbeda. Pasalnya, diet vegan merupakan salah satu bagian dari berbagai jenis diet vegetarian.

Diet vegan umumnya menghindari semua produk hewani, termasuk olahan-olahan dari hewan, seperti susu, keju, telur, madu, dan sebagainya. Jadi mereka yang menjalani diet vegan hanya mengonsumsi menu makanan yang berasal dari nabati. Sedangkan, diet vegetarian menghindari daging dan produk hewani, tetapi beberapa juga masih mengonsumsi susu, telur, dan madu.

Lalu bagaimana tips atau panduan yang tepat bagi orang yang baru akan memulai diet vegan tersebut? Tenang, jangan membayangkan kalau diet vegan dapat membuat Anda yang akan menjalaninnya sengsara lantaran tidak mengonsumsi produk pangan hewani. Nah lebih baik simak panduan  diet vegan yang telah dirangkum Buletin Indo berikut ini ya.

Jangan menunda terus

Hal pertama mengapa orang sulit melakukan diet vegan karena masih ragu dan kurang percaya diri hingga akhirnya menunda terus. Padahal menurut seorang dokter sekaligus pakar diet nabati, dr. Michael Klapper, jangan menunda-nunda bila ingin memulai diet vegan. Padahal semakin menunda justru tidak akan semakin mantap untuk memulainya. Maka dari itu, ada baiknya Anda untuk langsung mempraktikkannya dengan menantang diri sendiri secara bertahap. Misalnya, Anda dapat memulai diet vegan selama satu hari, lalu tiga hari, satu minggu, satu bulan, dan seterusnya. Hal ini akhirnya dapat membuat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan dan bisa menjadi vegan seutuhnya.

Buat rencana makan

Setelah Anda telah yakin untuk melakukan diet ini, maka langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membuat rencana makan. Tujuannya adalah agar dapat menghindari makanan non-vegan secara tak sadar maupun sadar. Jadi Anda dapat mengatur menu makan, dari sarapan, camilan, hingga makan malam. Setelah Anda sudah memiliki rencana makan, Anda harus dapat menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak ada dalam menu rencana itu. Mungkin memang terdengar sulit. Namun ketika Anda sudah memiliki tekad melakukan diet vegan dan mencoba displin, maka hal ini akan terasa mudah, lho!

Mulailah dengan makanan yang sederhana

Nah, jangan khawatir Anda kesulitan untuk melakukan diet vegan. Anda dapat memulainya dengan menu makanan yang sederhana. Jangan terlalu sering melihat berbagai resep vegan menggiurkan di internet. Pasalnya, hal itu malah dapat menjadi bumerang. Apalagi bila Anda tidak terlalu pandai memasak, Anda justru akan merasa kewalahan karena harus repot berburu bahan vegan hingga memasak.

Maka dari itu, menu sederhana yang dapat Anda mulai adalah sarapan dengan roti selai kacang dan susu kedelai. Kemudian, camilan dengan buah segar atau jus, makan siang dengan gado-gado atau menu salad tanpa telur, serta menu makan malam berupa nasi merah dengan tumis sayur dan jamur. Anda yang memang lebih suka nyemil, mungkin Anda dapat menyiapkan kacang-kacangan atau sejenisnya. Nah, pastikan menu makanan yang Anda rancang tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan karbohidrat, protein, dan serat sebagai penunjang aktivitas Anda.

Menambahkan porsi

Ternyata ketika Anda melakukan transisi ke pola makan vegan, Anda mungkin akan mudah lapar. Hal ini dianggap normal karena meski makanan nabati kaya akan berbagai nutrisi, kandungan kalorinya tetap lebih rendah dibandingkan produk pangan hewani. Nah, solusi yang dapat dilakukan adalah menambahkan porsi setiap makan. Umumnya, makanan nabati rendah lemak dan kalori. Jadi ketika Anda menambah porsi makan, tidak lantas membuat Anda gemuk.

Bergabung dengan komunitas vegan

Ada satu yang kurang lengkap ketika Anda memutuskan untuk melakukan diet vegan. Yap.. Anda bisa bergabung dengan komunitas vegan agar diet Anda bisa berjalan dengan lancar tanpa sengsara. Pasalnya, dengan Anda bergabung dan berkumpul dengan orang-orang yang punya visi misi sama seperti Anda, Anda bisa menjalaninya dengan konsisten dan tetap termotivasi. Lingkungan sosial punya peranan yang sangat penting dalam menunjang aktivitas dan gaya hidup sehari-hari. Bahkan, dalam komunitas itu, Anda juga dapat saling berbagi tips diet vegan atau resep-resep menarik, bukan?

 

Author: Olivia

Lokasi Gofruit.id

Pasar Puri Indah


Jl. Puri Indah Raya No. 17
Kembangan - Jakarta Barat
0858-8188-0001

Taman Permata Buana


Jl. Pulau Bira III Blok D1 No.3
Taman Permata Buana
Jakarta Barat
0858-8188-0001

Jelambar


Jl. Anyar Utara No. 17
Depan Sekolah Immanuel
Jelambar - Jakarta Barat
0858-8188-0001

 

Pasar Modern BSD


Jl. Letnan Sutopo
Rw. Mekar Jaya Kec. Serpong
Kota Tangerang Selatan - Banten 15111
0858-8188-0001