Kesehatan usus menjadi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir, dengan penelitian menunjukkan usus memainkan peran penting dalam memecah makanan yang kita konsumsi sehingga tubuh kita dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung fungsi tubuh kita. Kesehatan usus juga memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental, kekebalan tubuh, manajemen berat badan dan banyak lagi.

Ini berarti sangat penting bagi kita untuk mendukung usus kita dengan mempromosikan pertumbuhan bakteri baik dengan makan makanan yang seimbang dan bervariasi, serta berusaha mengurangi stres, berolahraga secara teratur, dan mempertahankan pola tidur yang sehat.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan usus Anda di bawah ini!

Manfaat usus yang sehat

Usus kita dipenuhi dengan mikroorganisme dan enzim pencernaan yang hidup di dalam usus kita yang bekerja untuk menyehatkan tubuh kita dengan menyerap nutrisi dari makanan kita ke dalam aliran darah kita sementara juga membuang limbah yang tidak perlu.

Mempertahankan usus yang sehat adalah penting karena peningkatan kadar bakteri baik dalam usus kita dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan, mendukung fungsi kekebalan tubuh kita, meringankan gejala penyakit autoimun seperti penyakit Celiac dan Crohn, serta membantu dalam regulasi nafsu makan dan metabolisme untuk mendukung berat badan yang sehat!

Tanda-tanda usus Anda tidak sehat

Usus yang tidak sehat biasanya terjadi ketika Anda melakukan diet yang tinggi gula dan makanan olahan, menyebabkan bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik. Ini dapat menyebabkan serangkaian gejala tidak nyaman dari kembung, mual, muntah, dan gangguan pencernaan melalui peningkatan stres, kecemasan, dan kenaikan berat badan. Usus yang tidak sehat juga dapat menyebabkan penyakit autoimun, kolitis, divertikulitis, dan masalah kesehatan kronis lainnya yang dapat berdampak signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan..

Cara memiliki usus yang sehat

Jika Anda pernah mengalami salah satu dari gejala di atas, atau hanya ingin menjaga kesehatan usus Anda, penting untuk memulai dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Diet yang dipenuhi akan menghasilkan segar, serat, makanan yang kaya probiotik, dan makanan yang difermentasi akan membantu membuat perut Anda merasa luar biasa! Produk segar seperti pisang, seledri, bawang, dan sayuran hijau sangat penting, dikombinasikan dengan banyak biji-bijian utuh, gandum hitam, lentil, yogurt dan kacang-kacangan alami, dan biji-bijian! Makanan-makanan ini mempromosikan bakteri baik dalam usus Anda sehingga pikiran dan tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik. Simpan gula dan makanan olahan seminimal mungkin dan pastikan Anda mengonsumsi sekitar 25-30 g serat setiap hari.

Selain makan makanan yang sehat dan seimbang, penting untuk mengurangi tingkat stres dengan bermeditasi atau berlatih teknik pernapasan relaksasi, serta berolahraga selama setidaknya 30 menit setiap hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa stres, meskipun berumur pendek, dapat mengganggu mikroorganisme di usus yang pada gilirannya dapat membuat kesehatan usus Anda tidak seimbang.